Langsung ke konten utama

Tata Cara dan Untung Rugi Over Kredit Rumah yang Aman


Melakukan penjualan rumah secara over kredit cukup sering dijumpai dewasa ini. Bagi Kamu yang berminat untuk membeli rumah secara over kredit, ada tata cara dan aturan yang harus Kamu ketahui. Jika tidak benar-benar menerapkan aturan jual rumah di Bogor sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, bisa jadi Kamu akan menghadapi masalah di kemudian hari.

Transaksi jual beli over kredit rumah oleh para pihak seharusnya disertai dengan pemberitahuan kepada pihak bank baik berupa lisan dan tulisan berupa salinan akta-akta yang telah ditandatangani kepada pihak bank. Jika tidak ada pelaporan, maka pihak bank akan tetap menganggap debitor mereka adalah pihak penjual, padahal yang selama ini melunasi cicilan rumah adalah pihak pembeli. Sehingga pada saat pihak pembeli akan melunasi cicilan dan berniat untuk mengambil sertifikat rumah yang asli, meskipun disertai dengan menunjukkan kuasa, maka pihak bank tetap tidak akan memberikannya. Semua dokumen pelunasan dan sebagainya, harus tetap ditandatangani oleh orang yang namanya tercantum di dalam database bank yang bersangkutan.

Proses over kredit rumah yang banyak dilakukan saat ini ada 2 cara yakni over kredit langsung melalui bank dan pengoveran hak atas tanah di hadapan notaris.

Over Kredit Langsung Melalui Bank
Over kredit langsung melalui bank secara resmi yaitu dengan cara melakukan “alih debitur”, caranya sebagai berikut:
  • Para pihak yakni penjual dan pembeli menghadap langsung ke bagian kredit administrasi atau customer service dan mengajukan perihal peralihan hak yang dimaksud
  • Mengajukan permohonan ambil kredit yang nantinya akan bertindak sebagai debitur baru menggantikan posisi debitur lama
  • Setelah pihak bank memberikan persetujuan dengan meneliti terlebih dahulu persyaratannya, maka pembeli akan bertindak sebagai debitur baru menggantikan posisi penjual sebagai debitur lama. Kemudian, pembeli akan menanda-tangani perjanjian kredit baru atas namanya, beserta akta jual beli dan pengikatan jaminan (SKMHT). 
Kelebihan Over Kredit Rumah melalui bank langsung adalah:
  • Sertifikat rumah sudah bisa dibalik nama sesuai dengan nama pembeli (debitur baru) meskipun masih tetap menjadi jaminan di bank dan baru bisa diambil setelah kredit rumah lunas.
  •  Pembeli (debitur baru) bisa mengangsur ke bank atas nama sendiri.
Kelemahan Over Kredit Rumah melalui bank langsung adalah:
  •  Proses pengajuan sebagai debitur biasanya lebih rumit
  • Memakan waktu yang lama karena harus dianalisis oleh analis kredit dari bank
  • Ada kemungkinan debitur pengganti akan ditolak oleh bank
  • Biaya yang relatif lebih mahal untuk proses alih debitur, karena harus sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang dimiliki oleh masing-masing bank.
  •  Pengoveran Hak atas Tanah di Hadapan Notaris
Pengoveran Hak Atas Tanah Dan Bangunan
Cara kedua yang biasa dilakukan untuk jual rumah di Bogor murah atau over kredit rumah adalah pengoveran hak atas tanah dan bangunan dengan menggunakan akta notaris. Cara ini cukup aman untuk dilakukan, meskipun tidak sesempurna melakukan over kredit rumah langsung melalui bank. Berikut caranya.
  1. Pihak penjual dan pembeli datang ke notaris dengan membawa kelengkapan berkas seperti yang akan diuraikan di bawah ini.
  2. Notaris membuatkan akta jual beli atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan yang dimaksud beserta surat kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan kuasa untuk mengambil sertifikat.
  3. Pihak penjual menandatangani surat pemberitahuan kepada bank tentang peralihan hak atas tanah yang dimaksud dengan poin utamanya sejak pengalihan ini walaupun cicilan dan sertifikat masih atas nama penjual, namun karena haknya sudah beralih, maka penjual tidak berhak lagi untuk melunasi sendiri dan mengambil sertifikat asli yang menjadi jaminan di bank.
  4. Membuat salinan atas akta-akta yang dibuat, lalu penjual dan pembeli bersama-sama menyampaikan kepada pihak bank salinan akta-akta yang tercantum pada poin 2 dan surat pemberitahuan pada poin 3.
Kelebihan
  • Melakukan transaksi over kredit rumah dengan cara pengalihan hak atas tanah di hadapan notaris adalah prosesnya yang lebih cepat dan mudah
  • Biaya yang dikeluarkan tidak banyak, sehingga relatif lebih murah daripada melakukan over kredit rumah langsung lewat bank.
Kelemahan
  • Sertifikat rumah masih atas nama penjual dan masih menjadi jaminan di bank
  •  Pembeli akan mengangsur cicilan rumah atas nama penjual
  • Jika proses pengalihan over kredit rumah tidak diketahui pihak bank, maka sewaktu-waktu pembeli dapat melunasi cicilannya sendiri dan mengambil sertifikat rumah yang bukan hak-nya. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk melakukan pemberitahuan kepada pihak bank selaku pemilik jaminan.
Perlu untuk diketahui bahwasanya over kredit rumah dengan menggunakan akta notaris hanya bisa dilakukan 1 kali saja. Artinya, transaksi hanya bisa dilakukan oleh pembeli dengan penjual pertama saja. Jika pihak pembeli ingin mengalihkan kembali kepada orang lain, maka harus bisa menghadirkan pemilik asal untuk bisa dibuatkan transaksi baru.

Jika Kamu berminat untuk mendapatkan rumah atau jual rumah di Bogor murah melalui over kredit, baik secara over kredit langsung melalui bank atau menggunakan akta notaris, pihak pembeli dan penjual harus melakukan pemberitahuan kepada pihak bank selaku pemilik jaminan agar kedudukan Kamu sebagai pembeli aman hingga waktu pelunasan dan pengambilan sertifikat asli rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bersihkan Sandal Birkenstock Bernoda agar Terlihat Seperti Baru

Birkenstock adalah salah satu merek sandal terbaik yang ada di dunia. Sandal ini memiliki kualitas terbaik dan bila Anda bisa merawatnya, Anda bisa menggunakan sandal merek ini dalam waktu yang lama. Sebab, sandal ini terbuat dari bahan alami terbaik. Bagaimana sih cara bersihkan sandal ini yang terkena noda agar terlihat seperti baru dan keren lagi?
Sandal Berbahan Suede. Sandal merek ini terbuat dari berbagai macam bahan terbaik. Salah satunya adalah bahan suede. Untuk membersihkan sandal merek ini dengan bahan suede, pertama Anda diharuskan membersihkan debu dan serpihan yang menempel di sandal itu lebih dulu. Anda bisa menggunakan sikat khusus untuk bahan suede.
Jika sudah, Anda bisa memberikan produk pembersih kulit secukupnya ke kain bersih dan gosokkan ke permukaan sepatu dengan lembut dan perlahan. Ingat, jangan gunakan produk pembersih yang bentuknya larutan. Cukup pilih yang gel saja karena bahan berbentuk larutan bisa merusak bahan suede. Setelah itu, biarkan mengering dengan…

Proses Pengajuan Dana Cepat di Tunaiku

Pengalaman terbaik dalam mendapatkan dana tunai adalah dilakukan secara cepat dan aman. Rata-rata banyak kalangan masih menginginkan proses pengajuan dana tunai lebih cepat karena memang keperluannya terkesan mendadak. Maka dari itu aplikasi pinjaman online Tunaikusangat direkomendasikan kepada masyarakat karena memang sanggup memenuhi banyak kebutuhan masyarakat pada umumnya. Jadi sejauh ini aplikasi Tunaiku sangat baik dalam memenuhi semua permintaan terbaik soal dana tunai dalam kebutuhan bisnis ataupun kesehatan bahkan pendidikan.

Seperti kita tahu bahwa kebutuhan akan dana tunai terbilang mendesak bahkan bisa dilakukan dalam waktu cepat berkat adanya aplikasi Tunaiku. Akan tetapi apakah Anda sudah mengetahui proses pengajuan dana cepat pada aplikasi Tunaiku? Maka dari itu ketahuilah secara detail agar ke depannya tak mengalami hambatan.

Melakukan Register Meskipun berbeda dengan aplikasi fintech lainnya, namun secara teknis aplikasi Tunaiku ini terbilang mudah dalam pengajuan kredit…

5 Penyesuaian Yang Harus Dipertimbangkan Ketika merenovasi Dapur

Akan sangat mudah jika Anda memiliki budget yang tidak terbatas untuk merenovasi dapur Anda. Tapi faktanya, kebanyakan Anda tidak memilikinya. Melakukan kompromi terhadap satu hal dengan yang lainnya adalah bagian dalam proses, bahkan jarang ada pemilik rumah yang menyukai perhitungan bugdet tanpa ada dasarnya. Tapi, bagaimana sebenarnya Anda memutuskan diantara dua pilihan yang menonjol dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda? Solusinya adalah dengan meminta bantuan kepada ahli untuk memutuskan pilihan yang sulit. Anda juga akan membutuhkan kontraktor atau tukang bangunan ketika Anda sudah mengantongi keputusan Anda. Pada zaman teknologi yang sudah maju, Anda juga bisa menggunakan jasa tukang bangunan online yang tersedia di sejasa.com. Untuk mengklariffikasi apa yang benar-benar penting bagi Anda, pertama-tama Anda harus menentukan bagaimana Anda akan menggunakan dapur Anda. Selanjutnya, berikut ini adalah kunci penyesuaian yang dapat Anda pertimbangkan. 1. Pemakaian Ha…