Langsung ke konten utama

Tata Cara dan Untung Rugi Over Kredit Rumah yang Aman


Melakukan penjualan rumah secara over kredit cukup sering dijumpai dewasa ini. Bagi Kamu yang berminat untuk membeli rumah secara over kredit, ada tata cara dan aturan yang harus Kamu ketahui. Jika tidak benar-benar menerapkan aturan jual rumah di Bogor sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, bisa jadi Kamu akan menghadapi masalah di kemudian hari.

Transaksi jual beli over kredit rumah oleh para pihak seharusnya disertai dengan pemberitahuan kepada pihak bank baik berupa lisan dan tulisan berupa salinan akta-akta yang telah ditandatangani kepada pihak bank. Jika tidak ada pelaporan, maka pihak bank akan tetap menganggap debitor mereka adalah pihak penjual, padahal yang selama ini melunasi cicilan rumah adalah pihak pembeli. Sehingga pada saat pihak pembeli akan melunasi cicilan dan berniat untuk mengambil sertifikat rumah yang asli, meskipun disertai dengan menunjukkan kuasa, maka pihak bank tetap tidak akan memberikannya. Semua dokumen pelunasan dan sebagainya, harus tetap ditandatangani oleh orang yang namanya tercantum di dalam database bank yang bersangkutan.

Proses over kredit rumah yang banyak dilakukan saat ini ada 2 cara yakni over kredit langsung melalui bank dan pengoveran hak atas tanah di hadapan notaris.

Over Kredit Langsung Melalui Bank
Over kredit langsung melalui bank secara resmi yaitu dengan cara melakukan “alih debitur”, caranya sebagai berikut:
  • Para pihak yakni penjual dan pembeli menghadap langsung ke bagian kredit administrasi atau customer service dan mengajukan perihal peralihan hak yang dimaksud
  • Mengajukan permohonan ambil kredit yang nantinya akan bertindak sebagai debitur baru menggantikan posisi debitur lama
  • Setelah pihak bank memberikan persetujuan dengan meneliti terlebih dahulu persyaratannya, maka pembeli akan bertindak sebagai debitur baru menggantikan posisi penjual sebagai debitur lama. Kemudian, pembeli akan menanda-tangani perjanjian kredit baru atas namanya, beserta akta jual beli dan pengikatan jaminan (SKMHT). 
Kelebihan Over Kredit Rumah melalui bank langsung adalah:
  • Sertifikat rumah sudah bisa dibalik nama sesuai dengan nama pembeli (debitur baru) meskipun masih tetap menjadi jaminan di bank dan baru bisa diambil setelah kredit rumah lunas.
  •  Pembeli (debitur baru) bisa mengangsur ke bank atas nama sendiri.
Kelemahan Over Kredit Rumah melalui bank langsung adalah:
  •  Proses pengajuan sebagai debitur biasanya lebih rumit
  • Memakan waktu yang lama karena harus dianalisis oleh analis kredit dari bank
  • Ada kemungkinan debitur pengganti akan ditolak oleh bank
  • Biaya yang relatif lebih mahal untuk proses alih debitur, karena harus sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang dimiliki oleh masing-masing bank.
  •  Pengoveran Hak atas Tanah di Hadapan Notaris
Pengoveran Hak Atas Tanah Dan Bangunan
Cara kedua yang biasa dilakukan untuk jual rumah di Bogor murah atau over kredit rumah adalah pengoveran hak atas tanah dan bangunan dengan menggunakan akta notaris. Cara ini cukup aman untuk dilakukan, meskipun tidak sesempurna melakukan over kredit rumah langsung melalui bank. Berikut caranya.
  1. Pihak penjual dan pembeli datang ke notaris dengan membawa kelengkapan berkas seperti yang akan diuraikan di bawah ini.
  2. Notaris membuatkan akta jual beli atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan yang dimaksud beserta surat kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan kuasa untuk mengambil sertifikat.
  3. Pihak penjual menandatangani surat pemberitahuan kepada bank tentang peralihan hak atas tanah yang dimaksud dengan poin utamanya sejak pengalihan ini walaupun cicilan dan sertifikat masih atas nama penjual, namun karena haknya sudah beralih, maka penjual tidak berhak lagi untuk melunasi sendiri dan mengambil sertifikat asli yang menjadi jaminan di bank.
  4. Membuat salinan atas akta-akta yang dibuat, lalu penjual dan pembeli bersama-sama menyampaikan kepada pihak bank salinan akta-akta yang tercantum pada poin 2 dan surat pemberitahuan pada poin 3.
Kelebihan
  • Melakukan transaksi over kredit rumah dengan cara pengalihan hak atas tanah di hadapan notaris adalah prosesnya yang lebih cepat dan mudah
  • Biaya yang dikeluarkan tidak banyak, sehingga relatif lebih murah daripada melakukan over kredit rumah langsung lewat bank.
Kelemahan
  • Sertifikat rumah masih atas nama penjual dan masih menjadi jaminan di bank
  •  Pembeli akan mengangsur cicilan rumah atas nama penjual
  • Jika proses pengalihan over kredit rumah tidak diketahui pihak bank, maka sewaktu-waktu pembeli dapat melunasi cicilannya sendiri dan mengambil sertifikat rumah yang bukan hak-nya. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk melakukan pemberitahuan kepada pihak bank selaku pemilik jaminan.
Perlu untuk diketahui bahwasanya over kredit rumah dengan menggunakan akta notaris hanya bisa dilakukan 1 kali saja. Artinya, transaksi hanya bisa dilakukan oleh pembeli dengan penjual pertama saja. Jika pihak pembeli ingin mengalihkan kembali kepada orang lain, maka harus bisa menghadirkan pemilik asal untuk bisa dibuatkan transaksi baru.

Jika Kamu berminat untuk mendapatkan rumah atau jual rumah di Bogor murah melalui over kredit, baik secara over kredit langsung melalui bank atau menggunakan akta notaris, pihak pembeli dan penjual harus melakukan pemberitahuan kepada pihak bank selaku pemilik jaminan agar kedudukan Kamu sebagai pembeli aman hingga waktu pelunasan dan pengambilan sertifikat asli rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua Jamaah Haji Meninggal Disebabkan Oleh Virus Korona

Manajemen RSUP Dr M Djamil Padang menduga dua jamaah haji Debarkasi Padang yang baru pulang haji diduga MERS. Salah satunya kemudian meninggal dunia dalam perawatan medis.
MERS atau Middle East Respiratory Syndrome adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus korona
Rusilawati, dokter spesialis paru di RSUP Dr M Djamil Padang mengatakan dugaan itu berdasarkan keduanya yang baru pulang dari Tanah Suci.
“Pasien ini kan pulang haji, jadi ya ada dugaan menderita Mers ya, baru dugaan, belum dipastikan MERS. Kemungkinan lainnya ada inpeksi paru yang lain. Jadi penyebab langsung meninggalnya adalah sepsis dan gagal napas, itu bisa disebabkan oleh MERS Cov atau penyakit paru yang lain,” katanya, Senin (11/9/2017).
Kedua pasien yang diduga terkena Mers itu sudah masuk RSUP Dr M Djamil sejak beberapa hari lalu, atau sejak kepulangan dari menunaikan ibadah haji.
Jamaah haji asal Bengkulu berinisial R, 62 tahun yang tergabung di kloter 3 baru menjalani perawatan kurang dari 24 jam seb…

Tips Mencegah Kanker Usus Besar

Gaya hidup dan diet sehat penting untuk mencegah beberapa masalah, termasuk untuk mencegah kanker usus besar (kolon).
Menurut laporan baru dari American Institute for Cancer Research and World Cancer Research Fund International, untuk mengurangi risiko kanker usus besar, maka dibutuhkan biji-bijian dan olahraga, sementara daging olahan dan alkohol harus dibatasi.
Temuan ini menunjukkan, bahwa tiga porsi sehari biji-bijian, seperti beras merah atau roti gandum, sebenarnya dapat menurunkan risiko kanker usus sebesar 17 persen.
"Mempertahankan berat badan yang sehat, aktivitas fisik, diet yang sehat, dan menghindari merokok dan asupan alkohol yang tinggi semuanya berkontribusi terhadap risiko kanker kolorektal yang lebih rendah," tambah Giovannucci, seorang profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health.
Menurut para peneliti, konsumsi biji-bijian yang lebih besar memberi lebih banyak perlindungan. Tim ahli pada penelitian ini mengevaluasi hampir 100 penelitia…

5 Penyesuaian Yang Harus Dipertimbangkan Ketika merenovasi Dapur

Akan sangat mudah jika Anda memiliki budget yang tidak terbatas untuk merenovasi dapur Anda. Tapi faktanya, kebanyakan Anda tidak memilikinya. Melakukan kompromi terhadap satu hal dengan yang lainnya adalah bagian dalam proses, bahkan jarang ada pemilik rumah yang menyukai perhitungan bugdet tanpa ada dasarnya. Tapi, bagaimana sebenarnya Anda memutuskan diantara dua pilihan yang menonjol dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda? Solusinya adalah dengan meminta bantuan kepada ahli untuk memutuskan pilihan yang sulit. Anda juga akan membutuhkan kontraktor atau tukang bangunan ketika Anda sudah mengantongi keputusan Anda. Pada zaman teknologi yang sudah maju, Anda juga bisa menggunakan jasa tukang bangunan online yang tersedia di sejasa.com. Untuk mengklariffikasi apa yang benar-benar penting bagi Anda, pertama-tama Anda harus menentukan bagaimana Anda akan menggunakan dapur Anda. Selanjutnya, berikut ini adalah kunci penyesuaian yang dapat Anda pertimbangkan. 1. Pemakaian Ha…