Langsung ke konten utama

Produksi Alat Diagnostik Kit Untuk Mendeteksi Secara Dini


Universitas Brawijaya (UB) Malang sedang memproses produksi alat diagnostik kit untuk mendeteksi secara dini penyakit diabetes melitus (DM) secara massal pesanan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Sertifikat izin produksi massal akan keluar pada November 2017 yang akan diumumkan langsung oleh Kemenkes untuk diedarkan ke seluruh Indonesia. Sebab, UB sebagai Badan Layanan Umum (BLU) tidak bisa mengedarkan sendiri, sehingga diambil alih oleh Kemenkes," kata Direktur utama Biosains UB Prof Fatchiyah di Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/9/2017).

Selain bekerja sama dengan Kemenkes, UB juga kerja sama dengan Biofarma yang memesan sebanyak lima juta alat diagnostic per tahun.

Masyarakat sudah banyak yang minta, karena alat ini akurat, namun UB akan memproduksi sekitar 2,5 juta alat per tahun. 

Untuk peredaran alat deteksi dini DM tersebut, katanya, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke Biofarma dan pihak swasta. Bahkan, alat tersebut sudah mendapat pesanan dari Madagaskar.

"Kami sekarang juga sedang melakukan negosiasi dengan Maroko yang ingin memegang kuasa pengedaran alat untuk seluruh Afrika," katanya.

Sebenarnya, lanjut Fatchiyah, Maroko meminta paten, tetapi UB tidak membolehkan.

"Alat ini dilakukan oleh orang Indonesia, mulai dari riset hingga produksi. Kit tersebut diberi nama "Kit Diagnostik GAD65 Diabetes".

Kerja Sama Biofarma

Kit Diagnostik GAD65 Diabetes, merupakan salah satu produk Laboratorium Biosains UB bekerja sama dengan PT Biofarma Bandung.

Produk ini, merupakan alat untuk mendeteksi penyakit diabetes secara dini untuk pasien "DM Tipe 1" berbasis "Reverse flow Immunochromatoghraphy" atau "Rapid Test Autoimmunue Marker autoantibodi GAD65".

Fatchiyah menjelaskan, bentuk Kit Diagnostik GAD65 yang sederhana menjadikan cara pemakaian yang sederhana pula.

"Mirip alat tes kehamilan, dokter cukup memasukkan satu tetes darah pasiennya ke dalam kertas, kemudian kertas itu diberi tetesan cairan buffer dan tetesan cairan khusus dan hasil diagnosa berupa positif dan negatif diabetes pun akan muncul," kata Fatchiyah padaa saat peluncuran produk tesrebut, belum lama ini.

Sementara itu, Rektor UB Prof Muhammadi Bisri mengatakan UB mencoba masuk dalam empat aspek, yaitu akademik, bisnis, pemerintah, dan komunitas.

"Dalam hal deteksi dini diabetes melitus ini misalnya, kami bekerja sama dengan koperasi, biofarma, dan Kemenkes," kata Bisri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bijak Apply Kredit KTA

Credit atau utang dapat jadi satu jalan keluar keuangan instan untuk yang memerlukan dana dengan cepat. Akan tetapi, kadang-kadang sering prasyarat ketersediaan jaminan jadi batu sandungan untuk memajukan credit di perbankan. Syukurlah saat ini ada product utang bank tanpa ada jaminan yang bernama Credit Tanpa ada Agunan (KTA). Tetapi, hal itu saat ini telah tidak jadi problem sekali lagi jika kita memajukan Credit tanpa ada agunan atau utang tanpa ada jaminan. Hadirnya product pinjaman cepat dari bank akan memudahkan Anda karena tidak usah pusing pikirkan aset apa yang perlu ditanggungkan kepada pihak bank. KTA dapat dipakai untuk beragam kepentingan pembelian beberapa barang elektronik, mebel, cost pendidikan, cost penyembuhan, cost perbaikan tempat tinggal, cost liburan, cost menikah sampai untuk modal usaha. Untuk mendukung mitigasi kemungkinan dari bank, KTA ini mempunyai ketentuan serta prosedur yang berlainan dengan type utang bank yang lain. Pihak bank selektif pilih debitur u…

Tes Keperawanan Yang Ramai Diperbincangkan Masyarakat

Tes keperawanan yang ramai diperbincangkan masyarakat disebut salah kaprah oleh dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, dr. Toto Imam Soeparmono, SPoG, K. Onk.
"Mana ada tes keperawanan?! Yang benar adalah memeriksa apakah benar dia perempuan atau bukan, dilihat dari tanda-tanda genetiknya," kata Toto saat dihubungi di Jakarta, Senin (11/9/2017).
Dokter yang juga anggota TNI Angkatan Darat ini memaparkan, memeriksa kondisi selaput perawan hanya bagian dari pemeriksaan kesehataan tentang tanda-tanda kewanitaan pada diri seorang perempuan.
Dalam pemeriksaan tanda-tanda kewanitaan, lanjut Toto, dokter atau ahli akan mendeskripsikan hasilnya, di antaranya, keberadaan rahim, keberadaan alat kelamin keluar, termasuk selaput perawan.
"Secara umum, sebetulnya tesnya itu adalah tes menentukan apakah dia wanita atau bukan. Itu yang benar. Bahwa nanti di dalam deskripsi laporannya disebut tentang kondisi selaput perawannya, itu masuk dalam deskrips…

Solusi Laptop Asus Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Pernahkan Anda bertemu laptop yang tak bisa nyala meskipun lampu powernya hidup? Hal ini pastinya membuat Anda ketar-ketir apalagi ketika dihadapkan dengan banyak tugas dan pekerjaan. Solusi laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa Anda lihat di bawah ini. Penyebab Penyebab laptop Asus yang tidak bisa menyala meski lampu power-nya hidup bisa beragam. Salah satunya adalah penggunaan yang terlalu lama tanpa diistirahatkan. Penyebab lainnya bisa karena tegangan listrik yang tidak normal ketika laptop sedang bekerja. Anda harus ingat, di dalam laptop terdapat banyak komponen dan chipset yang memerlukan banyak tegangan listrik. Jika tegangan yang didapat tidak seimbang, maka bisa menyebabkan salah satunya atau mungkin beberapa komponen dan chipset rusak. Walaupun hanya ada satu yang rusak, masalahnya akan merambat kemana-mana. Cara Mengatasi Solusi untuk laptop Asus yang tidak bisa nyala meskipun lampu power-nya hidup bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah di bawah ini. Na…