Langsung ke konten utama

Pemerintah Terus Membangun Kemitraan Dengan Pihak Swasta



Pemerintah terus membangun kemitraan dengan pihak swasta untuk mengolah sampah plastik agar tidak lagi mencemari lingkungan.

Apalagi, pemerintah telah berkomitmen mengurangi sampah di lautan sebesar 70% pada 2025 dengan dukungan dan kerja nyata dari berbagai pihak termasuk pihak swasta.

Untuk itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membentuk Alliance for Marine Plastic Solutions Forum (AMPS).

Program tersebut turut didukung oleh PT. Tirta Investama (Danone Aqua) dan H&M Indonesia melalui proyek Bottle2Fashion dengan mengolah kembali sampah botol plastik menjadi produk fashion.

PT. Tirta Investama (Danone AQUA) dan Kantor Produksi H&M Indonesia melakukan penandatanganan komitmen kerja sama proyek Bottle2Fashion untuk memulai kerja sama mengolah kembali sampah kemasan plastik menjadi produk Fashion di Hotel Padma, Legian, Bali pada Senin (4/9/2017).

Presiden Direktur Danone AQUA Corine Tap dan Country Manager Production H&M Indonesia Jessica Vilhelmsson melakukan penandatanganan kerja sama ini dengan disaksikan oleh Deputi Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Maritim Arif Havas Oegroseno.

Penandatanganan ini dilakukan dalam rangkaian acara Launching of The Alliance for Marine Plastic Solutions Forum.

Dalam kolaborasi ini, Danone AQUA memperkuat pengumpulan sampah botol plastik di Kepulauan Seribu untuk mengurangi cemaran sampah di daratan yang berakhir di lautan.

Sampah botol plastik yang terkumpul kemudian akan dikirim dengan perahu ke Unit Bisnis Daur Ulang/Recycling Business Unit (RBU) Tangerang Selatan.

RBU ini diinisiasi oleh Danone AQUA pada 2010 dan merupakan model sosial bisnis yang mengelola sampah botol plastik.

Di RBU ini, sampah tersebut kemudian dipilah, dicuci dan dicacah dan kemudian dikirimkan ke Pabrik tekstil dan garmen, PT. Kahatex, mitra kerja H&M Indonesia yang memproses cacahan tersebut menjadi tekstil dan produk fashion siap pakai.

Produk yang dihasilkan diantaranya polo shirt, sarung tangan, pakaian dalam, yang semuanya terbuat dari proses daur ulang botol plastik.

“Produk ini nyaman dipakai, hampir sama dengan produk konvensional, yang paling penting, lebih ramah lingkungan”, Ujar Deputi Havas dalam siaran pers yang dilansir pada hari yang sama.

“Masalah sampah adalah masalah kita semua, kita harus terus bekerja sama agar berbagai solusi sampah yang sudah ada ini dapat berjalan baik”.

Havas menegaskan pemerintah mendukung kemitraan penanganan sampah plastik.

“Masyarakat juga harus memilih produk-produk ramah lingkungan. Menjaga kebersihan, melakukan pemilahan sampah. Sampah organik bisa dijadikan kompos, sampah non organik bisa didaur ulang, bahkan ada proses pengolahan sampah menggunakan incinerator yang dapat menghasilkan energi”.

Havas juga menjelaskan bahwa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman terus mendorong penggunaan ulang sampah plastik sebagai campuran aspal jalan (plastic tar road) dan proyek waste to energy.

“Purwarupanya dibangun di Bali. Jalan percontohan plastic tar road dibangun di komplek Universitas Udayana, kalau waste to energy dibangun di TPA Suwung. Semua pembangunan ini merupakan kerja sama lintas kementerian dan Pemda”.

Havas menjelaskan pihak-pihak terkait adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi Bali dan akademisi.

Usai penandatanganan kerja sama ini, Corine Tap menyatakan bahwa proyek Bottle2Fashion ini adalah bentuk nyata ambisi Danone AQUA untuk mengumpulkan kembali lebih banyak sampah botol plastik dari yang dihasilkan pada 2030.

Corine menegaskan bahwa, “Kami menyadari penyelesaian masalah sampah plastik di Indonesia haruslah dilakukan melalui kolaborasi multi pihak”.

Pada ajang yang sama, Corine Tap dan Jessica Vilhelmsson juga menjadi pembicara dalam diskusi Promoting Public Private Partnerships. Dalam diskusi ini Jessica menegaskan “Inisiatif ini merupakan kontribusi Danone AQUA dan H&M Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Indonesia dan diharapkan bisa menjadikan inspirasi bagi perusahaan lain untuk bekerja bersama mencari solusi inovatif”.

Sekadar catatan, H&M memiliki visi 100% sirkular, artinya menggunakan 100% material daur ulang atau material yang berasal dari sumber daya yang berkelanjutan. Proyek Bottle2Fashion dan penggunaan hasil daur ulang sampah botol plastik sebagai bahan serat polyester merupakan bentuk nyata komitmen H&M terhadap konsep bisnis yang berkelanjutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bijak Apply Kredit KTA

Credit atau utang dapat jadi satu jalan keluar keuangan instan untuk yang memerlukan dana dengan cepat. Akan tetapi, kadang-kadang sering prasyarat ketersediaan jaminan jadi batu sandungan untuk memajukan credit di perbankan. Syukurlah saat ini ada product utang bank tanpa ada jaminan yang bernama Credit Tanpa ada Agunan (KTA). Tetapi, hal itu saat ini telah tidak jadi problem sekali lagi jika kita memajukan Credit tanpa ada agunan atau utang tanpa ada jaminan. Hadirnya product pinjaman cepat dari bank akan memudahkan Anda karena tidak usah pusing pikirkan aset apa yang perlu ditanggungkan kepada pihak bank. KTA dapat dipakai untuk beragam kepentingan pembelian beberapa barang elektronik, mebel, cost pendidikan, cost penyembuhan, cost perbaikan tempat tinggal, cost liburan, cost menikah sampai untuk modal usaha. Untuk mendukung mitigasi kemungkinan dari bank, KTA ini mempunyai ketentuan serta prosedur yang berlainan dengan type utang bank yang lain. Pihak bank selektif pilih debitur u…

Solusi Laptop Asus Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Pernahkan Anda bertemu laptop yang tak bisa nyala meskipun lampu powernya hidup? Hal ini pastinya membuat Anda ketar-ketir apalagi ketika dihadapkan dengan banyak tugas dan pekerjaan. Solusi laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa Anda lihat di bawah ini. Penyebab Penyebab laptop Asus yang tidak bisa menyala meski lampu power-nya hidup bisa beragam. Salah satunya adalah penggunaan yang terlalu lama tanpa diistirahatkan. Penyebab lainnya bisa karena tegangan listrik yang tidak normal ketika laptop sedang bekerja. Anda harus ingat, di dalam laptop terdapat banyak komponen dan chipset yang memerlukan banyak tegangan listrik. Jika tegangan yang didapat tidak seimbang, maka bisa menyebabkan salah satunya atau mungkin beberapa komponen dan chipset rusak. Walaupun hanya ada satu yang rusak, masalahnya akan merambat kemana-mana. Cara Mengatasi Solusi untuk laptop Asus yang tidak bisa nyala meskipun lampu power-nya hidup bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah di bawah ini. Na…

5 Penyesuaian Yang Harus Dipertimbangkan Ketika merenovasi Dapur

Akan sangat mudah jika Anda memiliki budget yang tidak terbatas untuk merenovasi dapur Anda. Tapi faktanya, kebanyakan Anda tidak memilikinya. Melakukan kompromi terhadap satu hal dengan yang lainnya adalah bagian dalam proses, bahkan jarang ada pemilik rumah yang menyukai perhitungan bugdet tanpa ada dasarnya. Tapi, bagaimana sebenarnya Anda memutuskan diantara dua pilihan yang menonjol dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda? Solusinya adalah dengan meminta bantuan kepada ahli untuk memutuskan pilihan yang sulit. Anda juga akan membutuhkan kontraktor atau tukang bangunan ketika Anda sudah mengantongi keputusan Anda. Pada zaman teknologi yang sudah maju, Anda juga bisa menggunakan jasa tukang bangunan online yang tersedia di sejasa.com. Untuk mengklariffikasi apa yang benar-benar penting bagi Anda, pertama-tama Anda harus menentukan bagaimana Anda akan menggunakan dapur Anda. Selanjutnya, berikut ini adalah kunci penyesuaian yang dapat Anda pertimbangkan. 1. Pemakaian Ha…