Langsung ke konten utama

Gejala Serangan Jantung Yang Dialami Pria dan Wanita Ternyata Berbeda


Gejala serangan jantung yang dialami pria dan wanita ternyata berbeda.

Dokter Spesialis Kardiovaskular Jetty RH Sedyawan mengatakan gejala serangan jantung yang dirasakan perempuan dan laki-laki berbeda, gejala yang dirasakan perempuan lebih ringan dibandingkan dengan pria.

"Gejala serangan jantung berbeda-beda, perempuan biasanya merasa kelelahan apalagi kalau sudah menderita diabetes, saraf-sarafnya sudah rusak maka dia tidak terlalu dapat merasakan sakit," kata Jetty di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Sementara itu serangan jantung yang dirasakan pria lebih spesifik seperti nyeri di dada yang menjalar ke leher, ke tangan kiri dan keluar keringat dingin.

Pertolongan pertama yang diberikan pada serangan jantung adalah memeriksa nadi, jika nadi melambat maka kita dapat menyuruh penderita untuk batuk agar denyut nadinya meningkat.

Jika denyut nadinya cepat maka penderita harus tenang kemudian memberinya obat jika penderita memilikinya, atau jika tidak memiliki obat maka segera dibawa ke rumah sakit.

"Enam jam pertama adalah waktu emas untuk menolong penderita serangan jantung, mereka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan," kata dia.

Sementara itu jika penderita mengalami henti jantung mendadak, maka perlu memeriksa apakah penderita masih bernapas dan memiliki denyut jantung. Jika tidak ada maka lakukan komresi dada dengan kecepatan 100 kompresi dada per menit sebanyak 30 kali.

Saat melakukan kompresi dada, korban harus berada di permukaan yang datar dan keras, tidak boleh dilakukan di atas tempat tidur.

Menurut data Kementerian Kesehatan pada 2014 ada 10 ribu orang per tahun yang mengalami henti jantung mendadak. Data yang sama menunjukkan bahwa frekuensi henti jantung mendadak meningkat seiring dengan peningkatan jantung koroner dan stroke.

Sementara itu data PERKI pada 2016 menemukan angka kejadian henti jantung mendadak bekisar antara 300 ribu hingga 350 ribu insiden setiap tahunnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bijak Apply Kredit KTA

Credit atau utang dapat jadi satu jalan keluar keuangan instan untuk yang memerlukan dana dengan cepat. Akan tetapi, kadang-kadang sering prasyarat ketersediaan jaminan jadi batu sandungan untuk memajukan credit di perbankan. Syukurlah saat ini ada product utang bank tanpa ada jaminan yang bernama Credit Tanpa ada Agunan (KTA). Tetapi, hal itu saat ini telah tidak jadi problem sekali lagi jika kita memajukan Credit tanpa ada agunan atau utang tanpa ada jaminan. Hadirnya product pinjaman cepat dari bank akan memudahkan Anda karena tidak usah pusing pikirkan aset apa yang perlu ditanggungkan kepada pihak bank. KTA dapat dipakai untuk beragam kepentingan pembelian beberapa barang elektronik, mebel, cost pendidikan, cost penyembuhan, cost perbaikan tempat tinggal, cost liburan, cost menikah sampai untuk modal usaha. Untuk mendukung mitigasi kemungkinan dari bank, KTA ini mempunyai ketentuan serta prosedur yang berlainan dengan type utang bank yang lain. Pihak bank selektif pilih debitur u…

Tes Keperawanan Yang Ramai Diperbincangkan Masyarakat

Tes keperawanan yang ramai diperbincangkan masyarakat disebut salah kaprah oleh dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, dr. Toto Imam Soeparmono, SPoG, K. Onk.
"Mana ada tes keperawanan?! Yang benar adalah memeriksa apakah benar dia perempuan atau bukan, dilihat dari tanda-tanda genetiknya," kata Toto saat dihubungi di Jakarta, Senin (11/9/2017).
Dokter yang juga anggota TNI Angkatan Darat ini memaparkan, memeriksa kondisi selaput perawan hanya bagian dari pemeriksaan kesehataan tentang tanda-tanda kewanitaan pada diri seorang perempuan.
Dalam pemeriksaan tanda-tanda kewanitaan, lanjut Toto, dokter atau ahli akan mendeskripsikan hasilnya, di antaranya, keberadaan rahim, keberadaan alat kelamin keluar, termasuk selaput perawan.
"Secara umum, sebetulnya tesnya itu adalah tes menentukan apakah dia wanita atau bukan. Itu yang benar. Bahwa nanti di dalam deskripsi laporannya disebut tentang kondisi selaput perawannya, itu masuk dalam deskrips…

Solusi Laptop Asus Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Pernahkan Anda bertemu laptop yang tak bisa nyala meskipun lampu powernya hidup? Hal ini pastinya membuat Anda ketar-ketir apalagi ketika dihadapkan dengan banyak tugas dan pekerjaan. Solusi laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa Anda lihat di bawah ini. Penyebab Penyebab laptop Asus yang tidak bisa menyala meski lampu power-nya hidup bisa beragam. Salah satunya adalah penggunaan yang terlalu lama tanpa diistirahatkan. Penyebab lainnya bisa karena tegangan listrik yang tidak normal ketika laptop sedang bekerja. Anda harus ingat, di dalam laptop terdapat banyak komponen dan chipset yang memerlukan banyak tegangan listrik. Jika tegangan yang didapat tidak seimbang, maka bisa menyebabkan salah satunya atau mungkin beberapa komponen dan chipset rusak. Walaupun hanya ada satu yang rusak, masalahnya akan merambat kemana-mana. Cara Mengatasi Solusi untuk laptop Asus yang tidak bisa nyala meskipun lampu power-nya hidup bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah di bawah ini. Na…